Tautan-tautan Akses

Iran Tidak Mau Menghentikan Program Pengolahan Uraniumnya


Iran tidak mau menghentikan program pengolahan uraniumnya, walaupun hari ini adalah batas waktu yang dikenakan PBB bagi Teheran untuk menghentikan pengolahan nuklir, kalau tidak, kemungkinan akan menghadapi sanksi lagi.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan hari Selasa negaranya mau menghentikan program nuklirnya kalau negara-negara Barat berbuat serupa. Gedung Putih mempertanyakan apakah ia sungguh-sungguh mengenai tawarannya.

Di Wina, perunding nuklir Iran mengatakan hanya perundingan dapat menyelesaikan konfrontasi nuklir itu. Tetapi, Ali Larijani tidak memberi indikasi bahwa Iran berencana memenuhi batas waktu PBB tadi hari ini. Di Washington, Departemen Luar Negeri mengatakan pemerintahan Bush telah memulai pembicaraan mengenai resolusi baru Dewan Keamanan PBB yang hendak menghukum lebih jauh Iran karena terus melakukan pengolahan uranium.

Seorang jurubicara mengatakan Amerika Serikat menghendaki pemerintah Iran memahami bahwa Iran akan terus menanggung hukuman karena membangkang terhadap masyarakat internasional.

XS
SM
MD
LG