Tautan-tautan Akses

AS Desak NATO Tambah Pendanaan Bagi Kegiatan Pasukan di Afghanistan


Amerika mendesak anggota pakta pertahanan NATO untuk menambah pendanaan bagi kegiatan pasukan NATO di Afghanistan. Kalau tidak, kata penasihat keamanan nasional Presiden Bush, Stephen Hadley, keamanan Eropa dan Amerika akan terancam.

Kata Stephen Hadley kepada pejabat NATO di Brussels, kalau NATO tidak berhasil menjalankan tugasnya di Afghanistan, negeri itu akan kembali menjadi pangkalan teroris dan pedagang narkotika gelap. Kata Hadley, semua negara anggota NATO harus bekerja sama dengan baik, supaya kalau dilancarkan operasi militer besar di Afghanistan dalam waktu dekat ini, operasi itu dilancarkan atas nama NATO untuk menumpas Taliban yang berusaha merebut kekuasaan kembali. Jumlah pasukan NATO di Afghanistan saat ini kira-kira 33,000 orang.

Sementara, pejabat NATO memperkirakan aksi-aksi kekerasan akan meningkat di Afghanistan dalam bulan-bulan mendatang ini dengan berakhirnya musim dingin. Kata jurubicara pasukan NATO, Kolonel Tom Collins, pasukan NATO dan Afghanistan akan segera melancarkan operasi militer baru di bagian selatan Afghanistan yang bergunung-gunung. Sementara itu dua orang tentara NATO tewas dalam dua insiden terpisah.

XS
SM
MD
LG