Tautan-tautan Akses

Rice: Olmert, Abbas Pertegas Komitmen Bagi Solusi Konflik Timur Tengah


Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice mengatakan perdana menteri Israel dan presiden Palestina telah mempertegas komitmen mereka terhadap pemecahan dua negara guna mengatasi konflik Timur Tengah.

Menteri Rice berbicara hari Senin, setelah bertemu dengan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert dan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas di Jerusalem.

Namun, Rice tidak melaporkan terobosan baru dalam usaha memulai kembali pembicaraan perdamaian Israel – Palestina, yang macet 6 tahun yang lalu. Ia mengatakan kedua pemimpin itu mengulangi komitmen mereka pada persetujuan sebelum nya dan sepakat bahwa negara Palestina tidak bisa terbentuk lewat kekerasan.

Berbicara kepada para reporter sebelum meninggalkan Israel, Rice mengatakan bahwa pembicaraan ini bisa berlangsung sudah merupakan prestasi tersendiri. Ia mengatakan, pertemuan ini memusatkan perhatian pada persetujuan pembagian kekuasaan yang baru-baru ini tercapai antara faksi Fatah pimpinan Abbas, dan kelompok Hamas yang berkuasa.

Pejabat mengatakan, Rice mengatakan pada Abbas pemerintah persatuan harus memenuhi tuntutan internasional seperti pengakuan terhadap Israel dan penghentian tindak kekerasan.

XS
SM
MD
LG