Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Menarik Pasukan dari Irak Lebih Awal Timbulkan Kerusakan Strategis Bagi Amerika


Para pejabat pemerintahan Bush mengemukakan, menarik pasukan Amerika dari Irak lebih awal dari seharusnya akan menimbulkan kerusakan strategis dan ekonomis bagi Amerika.

Juru bicara Gedung Putih Tony Snow mengatakan hari Minggu jika pasukan Amerika ditarik dari Irak sebelum pasukan Irak dapat memikul tanggungjawab keamanan dan perdamaian, teroris akan mendapat lahan berlatih di Irak dan akses ke miliaran dolar. Dan itu – katanya – dapat menimbulkan instabilitas di Irak dan merusak kredibilitas Amerika di Timur Tengah.

Sehari sebelumnya fraksi Partai Republik di Senat berhasil mencegah dilakukan perdebatan atas sebuah rancangan resolusi yang isinya tidak menyetujui rencana Presiden Bush hendak mengirim pasukan lagi ke Irak. Para senator yang mendukung rancangan itu mengatakan hari Minggu bahwa rancangan tidak menghentikan dukungan pasukan Amerika.

Anggota fraksi Republik Chuck Hagel dan anggota fraksi Demokrat Jack Reed menghimbau Presiden Bush memperbanyak upaya diplomasi untuk mengatasi keadaan di Irak.

XS
SM
MD
LG