Tautan-tautan Akses

Pemimpin Al-Qaida Irak Dilaporkan Terluka dan Pembantu Utamanya Tewas dalam Bentrokan


Para perwira tinggi Amerika di Irak meragukan kebenaran laporan bahwa pemimpin al-Qaida di Irak, Abu Ayub al-Masri cedera dalam bentrokan dengan tentara pemerintah.

Seorang sumber militer senior mengatakan kepada jaringan televisi CNN bahwa menurut pendapatnya laporan itu tidak benar.

Sebelumnya, televisi Irak mengutip juru-bicara Kementerian Dalam Negeri Irak yang mengatakan, Abu Ayub al-Masri cedara dan pembantu utamanya tewas dalam bentrokan dengan polisi Irak di dekat kota Balad di sebeluah utara Bagdad. Dia tidak memberikan keterangan selanjutnya yang lengkap.

Al-Masri yang juga dikenal dengan nama Abu Hamzah Muhajir adalah warga Mesir yang mengambil alih kepemimpinan al-Qaida di Irak tahun lalu, setelah pemimpin kelompok itu di Irak, Abu Musab al-Zarqawi tewas.

Sementara itu, pasukan-pasukan Amerika, Inggris dan Irak melanjut-kan operasi keamanan di Bagdad dan Basra di Irak Selayan dalam usaha baru untuk mengakhiri kekerasan antar-golongan agama dan menghentikan serangan pemberontak.

XS
SM
MD
LG