Tautan-tautan Akses

Jenderal Peter Pace: AS dan Indonesia Akan Membangun Hubungan Militer


Perwira tertinggi militer Amerika mengatakan Amerika dan Indonesia sedang mengkaji cara-cara untuk memperkokoh hubungan pertahanan mereka.

Jenderal Peter Pace, ketua Gabungan Kepala Staf Amerika, membuat pernyataan itu setelah pembicaraan di Indonesia hari Selasa dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta.

Ia tidak mengatakan apa rencana spesifik yang disediakan Washington bagi hubungannya dengan Jakarta. Tetapi Jenderal Pace memberitahu VOA bahwa Indonesia merupakan salah satu prioritas teratas Washington untuk membina hubungan pertahanan yang lebih erat karena Indonesia adalah negara yang penduduk Muslimnya terbesar di dunia.

Amerika telah mengulurkan tangan kepada negara-negara Muslim lainnya dalam upaya merekrut sekutu dalam perjuangan globalnya melawan teroris, sebagian diantaranya adalah ekstrimis Islam.

Pace mengatakan dia berada di Indonesia untuk mendengarkan usulan tentang cara kedua negara dapat memperkuat hubungan pertahanan mereka. Pace akan meninggalkan Indonesia Rabu.

XS
SM
MD
LG