Tautan-tautan Akses

Bom Bunuhdiri Tewaskan Sedikitnya 30 Orang di Kantor Polisi Selatan Kota Tikrit


Polisi Irak mengatakan seorang pembom truk bunuhdiri menewaskan paling kurang 30 orang dan melukai sekitar 25 lainnya di sebuah kantor polisi di Irak utara. Dikatakan, pelaku bom itu meledakkan truknya hari ini dekat gerbang sebuah kantor polisi di kota Dawr yang umumnya berpenduduk Sunni, 20 kilometer di selatan Tikrit.

Ledakan itu menyebabkan sebuah gedung rusak berat, menewaskan dan melukai polisi, tahanan dan warga sipil. Para pejabat mengatakan angka kematian kemungkinan meningkat saat para petugas pertolongan darurat melakukan pencarian diantara reruntuhan.

Sementara itu, militer Amerika mengatakan seorang prajurit Amerika tewas hari ini dalam pertempuran dengan pemberontak di provinsi Diyala, di timurlaut Bagdad. Dalam perkembangan lain, panglima militer Amerika yang baru diangkat di Irak Jenderal David Petraeus mengatakan ada prospek yang baik untuk menghentikan kekerasan bila militer dan rakyat Irak bekerja bahu-membahu.

Di bagian lain – polisi mengatakan kawanan bersenjata menewaskan 8 calon pengawal perbatasan hari Minggu ketika mereka hendak naik bus mini di Irak barat laut dekat perbatasan Syria. Perdana Menteri Nouri al Maliki menjelaskan kepada wartawan bahwa rencana pengamanan ibukota Baghdad akan dilaksanakan di seluruh bagian kota yang terpicah sesuai sekte agama. Sebagai bagian dari peningkatan pengamanan, militer Amerika mengatakan hari Minggu bahwa pasukan Amerika dan Irak telah menemukan 14 timbunan senjata dan menahan 140 tersangka teroris selama minggu pertama operasi pengamanan di ibukota itu.

XS
SM
MD
LG