Tautan-tautan Akses

Korea Utara Siap Membahas Langkah-Langkah Awal Pelucutan Nuklirnya


Korea Utara mengatakan negara itu siap membahas langkah-langkah awal perlucutan senjata nuklirnya, sementara pembicaraan enam pihak mengenai program nuklir Pyongyang dimulai di Beijing hari ini.

Utusan Korea Utara ke pembicaraan itu, Kim Kye-Gwan, mengatakan dia siap membahas langkah-langkah tahap pertama namun dia juga mengatakan bahwa tindakan apapun oleh Korea Utara akan dilandaskan pada apakah Amerika akan menghentikan apa yang dia sebut sebagai kebijakan yang bermusuhan Amerika terhadap Pyongyang.

Sebelumnya, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Christopher Hill mengatakan dia berharap Korea Utara akan memperbaharui komitmennya untuk melaksanakan persetujuan yang dicapai bulan September 2005, dimana negara itu setuju akan menghentikan program nuklirnya sebagai imbalan jaminan bantuan dan keamanan.

Korea Utara telah memboikot pembicaraan nuklir tersebut selama lebih satu tahun disebabkan sanksi keuangan yang dikenakan Amerika terhadap negara yang tertutup itu. Korea Utara kembali ke meja perundingan akhir tahun lalu setelah melakukan percobaan nuklir pada bulan Oktober.

XS
SM
MD
LG