Tautan-tautan Akses

Banjir di Jakarta Telah Menewaskan 20 Orang, 300 Ribu Orang Kehilangan Tempat Tinggal


Regu-regu penyelamat dan pemberi bantuan Indonesia bekerja keras hari Ahad mengulurkan tangan bagi lebih dari 300 ribu orang di Jakarta yang tak bertempat tinggal akibat banjir besar setelah hujan lebat berhari-hari.

Dengan cuaca yang diramalkan akan terus hujan selama dua pekan ini, yang berwajib menyatakan kota Jakarta yang berpenduduk 14 juta itu dalam keadaan Siaga-1 dan mengerahkan ribuan lagi personil penyelamat yang dilengkapi dengan pesawat-pesawat helikopter dan perahu-perahu karet.

Gambar-gambar di televisi menunjukkan jalan-jalan yang digenangi air setinggi sampai tiga meter, dan orang-orang yang melambai-lambaikan tangan dari atap-atap rumah. Yang berwajib mengatakan 20 mayat telah ditemukan, dan memperingatkan lebih banyak korban lagi kemungkinan akan ditemukan.

Pejabat-pejabat kesehatan mengatakan banyak air sumur segar di kota itu telah terkontaminasi, dan orang-orang yang terdampar menghadapi risiko terkena penyakit akibat bakteri dari air.

Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witular mengatakan banjir yang paling buruk selama beberapa tahun ini adalah akibat perencanaan kota yang tidak baik dan pembangunan yang berlebihan di daerah-daerah penyerapan air alami.

XS
SM
MD
LG