Tautan-tautan Akses

Larijani: Petugas PBB Bisa Memeriksa Fasilitas Nuklir Iran Dengan Bebas


Perunding utama nuklir Iran, mengatakan, para petugas PBB bisa memeriksa fasilitas nuklir Iran dengan bebas , berdasarkan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir. Iran adalah salah satu negara penandatangan perjanjian itu, tetapi pada waktu lalu, Iran melarang akses ke fasilitas atomnya.

Kantor berita Iran ISNA mengutip perunding nuklir Ali Larijani yang mengatakan bahwa Iran akan bekerja-sama dengan para petugas badan nuklir PBB untuk memungkinkan dilakukannya inspeksi.

Bulan lalu, Iran melarang 38 inspektur badan tenaga atom internasional masuk ke negara itu untuk memeriksa fasilitas nuklir. Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki mengatakan, negara-negara anggota Badan Tenaga Atom Internasional PBB berhak menolak kunjungan inspektur tertentu.

Hari Sabtu, para diplomat dari gerakan non-blok mengunjungi kota Isfahan di bagian barat Iran. Utusan Iran, ke Badan Nuklir PBB Ali Ashgar Soltaneih mengatakan, kunjungan itu bermaksud menunjukkan keterbukaan Iran dan sifat program nuklirnya yang bertujuan damai.

XS
SM
MD
LG