Tautan-tautan Akses

Rice Akan Bertemu Wakil-Wakil Kuartet Timur Tengah di Washington


Seorang pejabat Amerika mengatakan, Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice akan bertemu dengan wakil-wakil Kuartet internasional mengenai Trimur Tengah hari Jumat di Washington untuk mempercepat derap perundingan perdamaian Israel-Palestina.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Sean McCormack mengatakan, dia memperkirakan kuartet itu yang terdiri dari Amerika Serikat, Rusia, PBB dan Uni Eropa akan menegaskan kembali pendirian mereka, yaitu pemerintah Palestina pimpinan-Hamas harus memenuhi persyaratan tertentu untuk bisa dihormati komunitas internasional.

Piagam Hamas menyerukan penghancuran Israel. Menurut jurubicara itu, pertemuan juga akan terfokus pada usaha memperkuat pasukan keamanan Presiden Palestina Mahmud Abbas. Orang-orang bersenjata dari faksi Fatah Abbas telah terlibat pertempuran berdarah dengan Hamas dalam beberapa pekan ini.

Kekerasan itu telah menggagalkan upaya membnentuk pemerintah persatuan. Pembicaraan hari Jumat itu mendahului pertemuan yang diperkirakan akan berlangsung pertengahan Februari yang melibatkan Menteri Rice, Abbas dan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert.

XS
SM
MD
LG