Tautan-tautan Akses

Presiden Cina Hu Jin Tao Memulai Lawatan ke Delapan Negara Afrika


Presiden Cina Hu Jin Tao memulai tur ke delapan negara Afrika hari ini yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan politik dengan benua tersebut.

Hu Jin Tao meninggalkan Beijing pagi ini menuju Kamerun. Selama lawatan 12 harinya, ia juga akan mengunjugi Liberia, Sudan, Zambia, Namibia, Afrika Selatan, Mosambik dan Seychelles.

Kantor berita Cina Xinhua mengatakan Hu JinTao akan menggunakan lawatannya sebagai tindak lanjut permintaan bantuan para pemimpin Afrika dalam konferensi di Beijing pada bulan November.

Hu Jin Tao tiba di ibukota Kamerun, Yaounde hari ini. Xinhua mengatakan kerjasama Cina dengan Kamerun meningkat dengan mantap dalam bidang-bidang seperti konstruksi dan pertanian.

Kelompok Hak Asasi Manusia mengatakan Cina tidak menggunakan pengaruhnya terhadap pemerintah Afrika untuk meminta peningkatan hak-hak asasi manusia dan memberantas korupsi.

Seorang sarjana mengenai Cina pada Carnegie Endowmen for International Peace di Washington, Joshua Kurlantzik mengatakan Cina cenderung memberikan bantuan langsung kepada pemerintah Afrika, tanpa menyertakan syarat-syarat politis.

XS
SM
MD
LG