Tautan-tautan Akses

Heli Milik Kontraktor Keamanan AS di Irak Ditembak Jatuh, Lima Penumpangnya Tewas


Kata pejabat pertahanan Amerika, sebuah helikopter milik kontraktor keamanan Amerika di Irak, ditembak jatuh di kota Baghdad. Lima orang yang berada di dalamnya tewas. Saksi-saksi mata mengatakan, helikopter itu ditembaki dari darat sebelum jatuh di tengah kota Baghdad.

Sementara itu, Letnan Jenderal David Petraeus, yang ditunjuk oleh Presiden Bush sebagai komandan pasukan Amerika yang baru di Irak mengatakan, keadaan di Irak semakin buruk dibanding tahun lalu, tapi masih ada harapan untuk diperbaiki.

Kata Petraeus kepada komisi angkatan bersenjata senat Amerika, karena adanya peningkatan aksi kekerasan di Irak, khususnya di Baghdad, sulit untuk mencapai kemajuan. Ini juga kemungkinan akan membuat Irak sebuah negara yang gagal, katanya.

Jenderal Petraeus memberikan keterangan dimuka sidang Senat AS yang akan mengukuhkan pengangkatannya sebagai komandan baru pasukan Amerika di Irak. Tugas sulit yang dihadapi Amerika saat ini akan dipusatkan menjamin keamanan bagi penduduk di Baghdad dan sekitarnya, karena itu dia minta rakyat Amerika supaya bersabar. Tapi banyak tokoh partai Demokrat mengecam keputusan presiden Bush untuk mengirim 21,000 orang lebih pasukan tambahan ke Irak.

XS
SM
MD
LG