Tautan-tautan Akses

Mahmud Abbas dan Khaled Mashaal Mencapai Kemajuan Sangat Besar


Pemimpin Palestina Mahmud Abbas dan pemimpin Hamas Khaled Mashaal mengatakan mereka mencapai “kemajuan sangat besar” dalam pembicaraan di Damaskus untuk membentuk pemerintahan persatuan. Dalam pernyataan bersama sesudah pertemuan hari Minggu, kedua pemimpin mengatakan faksi-faksi politik mereka yang bersaing, Fatah dan Hamas, akan melanjutkan pembahasan persatuan dalam dua pekan mendatang.

Kedua pihak mengatakan ketidaksepakatan masih tetap ada menyusul pembicaraan Abbas-Mashaal itu. Para pejabat Palestina sebelumnya mengatakan, salah satu yang disengketakan adalah siapa yang akan memimpin kementerian dalam negeri yang berpengaruh dalam koalisi persatuan. Abbas telah mengancam akan menyelenggarakan pemilu dini jika dia tidak membuat kemajuan dengan Hamas.

Sebuah survai yang diterbitkan Senin ini oleh sebuah lembaga independent Palestina menunjukkan sekitar 60 persen responden mendukung pemilu dini, baik bagi parlemen maupun presiden. Survai itu juga menunjukkan 35 persen responden akan memilih Abbas dalam pemilu presiden, sementara 26 persen akan memilih Perdana Menteri Ismail Haniyeh dari Hamas.

XS
SM
MD
LG