Tautan-tautan Akses

Pejabat PBB Himbau Internasional Ikut Bantu Penarikan Pasukan Ethiopia dari Mogadishu


Wakil khusus sekretaris jenderal PBB di Somalia, Francois Lonseny Fall menghimbau masyarakat internasional ikut melindungi ibukota Somalia Mogadishu dan memfasilitasi penarikan pasukan Ethiopia dari kota itu. Himbauan diucapkannya hari Kamis seusai pertemuan singkat dengan presiden interim Somalia Abdullahi Yusuf di ibukota itu.

Fall juga mendesak pemerintah Somalia membantu usaha kerukunan dengan menciptakan suatu negara yang bebas dari kekerasan antar suku dan mengendalikan para kepala perang. Sebelumnya Fall mengatakan, sungguh membesarkan hati melihat Abdullahi Yusuf dilantik di istana kepresidenan Villa Somalia dan menyebut pelantikan itu langkah sangat penting.

Ethiopia telah menyatakan akan menarik pasukannya dari Somalia dalam waktu dekat setelah membantu pemerintah interim Somalia menghalau saingannya gerakan Islamis dari Mogadishu bulan lalu. Uni Afrika telah berjanji akan mengirim 8000 pasukan perdamaian guna menghindari jangan sampai terjadi kevakuman dalam penegakan hukum dan ketertiban di Somalia.

XS
SM
MD
LG