Tautan-tautan Akses

Bush Bertemu Anggota Kongres Partai Republik Yang Menentang Rencananya di Irak


Presiden Bush mengadakan pertemuan dengan beberapa anggota partai Republik yang menentang rencana penambahan pasukan Amerika di Irak. Kata jurubicara Gedung Putih Tony Snow, anggota Kongres AS dari partai Republik itu adalah anggota yang skeptis akan rencana penambahan pasukan sebanyak 21 ribu orang lebih.

Senator partai Republik dari negarabagian Nebraska, Chuck Hagel sedang berunding dengan tokoh-tokoh partai Demokrat untuk menyusun resolusi yang menentang rencana penambahan pasukan usulan Presiden Bush itu.

Dalam perkembangan lainnya, Presiden Bush telah menghentikan kegiatan pemantauan hubungan telpon dan internet yang dilakukan secara rahasia dan tanpa perintah pengadilan. Praktek itu telah dilakukan sejak serangan 11 September tahun 2001 di Amerika. Keputusan ini disampaikan oleh Jaksa Agung Amerika Alberto Gonzales kepada Senat Amerika.

Kata Jaksa Agung Gonzales, pemantauan hanya bisa dilakukan dengan izin pengadilan khusus yang disebut Foreign Intelligence Surveillance Court. Pemantauan hubungan elektronik secara diam-diam itu mendapat protes dan tentangan kuat dari kelompok-kelompok hak asasi, dan seorang hakim federal mengatakan tahun lalu bahwa program itu melanggar undang-undang dasar Amerika.

XS
SM
MD
LG