Tautan-tautan Akses

Tentara Irak Dibantu Pesawat Tempur AS Tewaskan 50 Pemberontak di Baghdad


Tentara Irak yang dibantu pesawat-pesawat tempur Amerika terlibat pertempuran hebat dengan pemberontak di tengah kota Baghdad hari Selasa. Kata kementerian pertahanan Irak, sedikitnya 50 orang pemberontak tewas dalam bentrokan sengit yang berlangsung berjam-jam itu. Pesawat tempur Amerika tampak terbang rendah diatas kawasan yang dikenal sebagai benteng pemberontak sunni.

Tentara Irak melaporkan pasukannya masih terus ditembaki dengan senjata otomatis dan granat roket. Kata jurubicara tentara Amerika, operasi itu dimulai Selasa pagi untuk menangkap para tersangka dan memulihkan kekuasaan pada pasukan keamanan Irak.

Pertempuran terjadi hanya satu hari sebelum Presiden Bush mengumumkan strategi barunya tentang Irak. Kata Senator partai republik Gordon Smith, Presiden Bush akan minta persetujuan kongres untuk mengirim 20,000 orang pasukan lagi ke Irak untuk tugas singkat. Tidak dijelaskan apa yang dimaksud dengan tugas singkat itu.

Sementara itu, Turki melaporkan, 32 orang tewas ketika sebuah pesawat Turki jatuh dekat kota balad, sebelah utara Baghdad. Tidak jelas apa yang menyebabkan jatuhnya pesawat Antonov buatan Rusia itu. Kata Turki, pesawat yang membawa para pekerja Turki itu jatuh ketika berusaha mendarat dalam cuaca berkabut.

Dan sebuah video klip yang dipasang dalam jaringan internet menunjukkan mayat Saddam Hussein setelah dia dihukum gantung tanggal 30 Desember. Video itu menunjukkan leher Saddam yang patah dan luka terbuka yang besar di lehernya.

XS
SM
MD
LG