Tautan-tautan Akses

KTT Tahunan akan Dilaksanakan Tanggal 10 Januari di Cebu


Pemerintah Filipina mengatakan persiapan telah rampung -- sekali lagi -- bagi pelaksanaan KTT tahunan ASEAN pekan depan.

KTT itu dijadwalkan akan dilaksanakan dari tanggal 10 Januari sampai tanggal 15 Januari di Cebu. Pertemuan itu ditangguhkan pada bulan Desember, ketika topan mengancam akan melanda kota Cebu.

Juga ada ancaman teroris. Tidak lama sebelum pertemuan tersebut, beberapa kedutaan Barat memperingatkan bahwa kaum militan Islam barangkali berada pada tahap akhir perencanaan serangan mereka di Filipina. Tetapi, Manila membantah bahwa masalah keamanan merupakan alasan penangguhan tersebut.

Sejumlah resolusi terhadap isu-isu penting diperkirakan akan disetujui dalam pertemuan itu. Salah satunya adalah perjanjian yang secara hukum tidak mengikat mengenai kontra terorisme yang akan memungkinkan negara-negara ASEAN saling bertukar informasi guna mengawasi dengan lebih baik gerak-gerik tersangka teroris.

Enam-belas kepala pemerintahan berencana akan menghadiri KTT itu. Mereka akan datang dari ke-10 negara anggota ASEAN dan enam negara tetangga di kawasan itu

XS
SM
MD
LG