Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Beri Penghormatan Terakhir Bagi Jenazah Ford di Gedung Kongres AS


Ribuan orang memberi penghormatan terakhir pada jenazah Presiden Amerika Gerald Ford di Gedung Kongres di Washington. Peti jenazahnya yang diselubungi bendera Amerika disemayamkan di ruang tengah atau rotunda hari Minggu dan Senin agar publik dapat memberi penghormatan kepada orang yang diangkat menjadi presiden menyusul skandal Watergate tahun 1974. Acara kebaktian akan dilakukan hari Selasa dilanjutkan dengan upacara pemakaman di kota asalnya Grand Rapids negarabagian Michigan hari Rabu.

Pada acara kenegaraan hari Sabtu mantan kepala stafnya dan sekarang Wakil Presiden Dick Cheney memuji Gerald Ford selaku seorang pemimpin yang teguh dan membantu bangsa Amerika bangkit kembali dari perang Vietnam dan skandal Watergate.

Sebelumnya pasukan menembakkan artileri penghormatan saat barisan militer membawa jenazah Presiden Ford menuju gedung Kongres Amerika dimana ia disemayamkan dalam upacara kenegaraan sampai hari Selasa, hari berkabung nasional. Ribuan orang diperkirakan akan melayat peti jenazahnya yang dibalut bendera di Rotunda Gedung Kongres sepanjang hari Minggu dan Senin. Hari Selasa, jenazahnya akan dibawa ke National Cathedral Washington untuk upacara pemakaman. Gerald Ford, presiden Amerika yang ke-38, meninggal dunia hari Selasa (26/12) di Rancho Mirage, Kalifornia dalam usia 93 tahun.

XS
SM
MD
LG