Tautan-tautan Akses

AS, Uni Eropa Prihatin Atas Konflik Antara Ethiopia dan Milisi Islam di Somalia


Amerika menyatakan prihatin atas konflik di Somalia, tapi tidak minta pada Ethiopia supaya menghentikan serangan atas kelompok islam. Uni Eropa juga sangat prihatin atas bentrokan antara tentara Ethiopia dan kelompok islam Somalia itu. Kata Uni Eropa, tembakan-tembakan meriam bisa membahayakan warga sipil dan mendesak kedua pihak supaya mencari penyelesaian damai.

Menteri LN Mesir Ahmed Abul-Gheit menyerukan diadakannya perundingan damai baru antara kelompok islam dan pemerintah sementara Somalia. Katanya, pertempuran di Somalia itu bisa meluas dan melanda seluruh kawasan tanduk Afrika. Kata para diplomat, konflik yang berkepanjangan bisa melibatkan Eritrea, yang diperkirakan mendukung kelompok islam Somalia itu.

Sementara, dari Somalia dilaporkan pertempuran terus meningkat hari ini, ketika jet-jet tempur Ethiopia menyerang dua buah lapangan terbang yang dikuasai oleh kelompok islam. Pesawat tempur MiG buatan Rusia menghantam bandar udara di ibukota Mogadishu dan di kota bale-dogle, 100 km sebelah barat ibukota. Kata jurubicara kelompok islam kepada jaringan televisi Arab al-Jazira, serangan itu hanya menimbulkan kerusakan kecil dan melukai satu orang perempuan petugas kebersihan.

Laskar islam dilaporkan mundur dari kota Beled-wene di Somalia tengah setelah digempur oleh jet-jet tempur Ethiopia selama dua hari. Kata pejabat kelompok islam, ini adalah penarikan pasukan karena alasan taktis saja. Ethiopia, yang khawatir akan munculnya sebuah negara islam di seberang perbatasan, mendukung pemerintahan sementara Somalia yang terkepung di kota Baidoa. Kemarin, perdana menteri Ethiopia Meles Zenawi mengatakan, negerinya terpaksa berperang karena kelompok islam melancarkan jihad atau perang suci melawan pasukan Ethiopia.

XS
SM
MD
LG