Tautan-tautan Akses

Mahmoud Abbas dan Ehud Olmert Adakan Pembicaraan Dua Jam di Jerusalem


Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengadakan pembicaraan selama dua jam di Jerusalem. Pertemuan itu adalah pertemuan resmi mereka yang pertama dalam 22 bulan.

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan dia dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah sepakat untuk bekerjasama sebagai mitra sejati dengan harapan memajukan proses perdamaian. Kantor Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengeluarkan pernyataan setelah pertemuan resmi tersebut.

Seorang pembantu Presiden Mahmoud Abbas, yaitu Saeb Erekat mengatakan Perdana Menteri Olmert sepakat akan mencairkan dana 100 juta dolar yang dibekukan kepada Palestina untuk tujuan kemanusiaan. Israel membekukan uang tersebut setelah Hamas mengambil alih kekuasaan pemerintah palestina awal tahun ini. Pembantu itu mengatakan Perdana Menteri Olmert juga sepakat akan meniadakan beberapa pos pemeriksaan di Tepi Barat.

Tetapi para pejabat Israel mengatakan, tidak ada kesepakatan mengenai pembebasan para tahanan Palestina untuk ditukar dengan tentara Israel yang ditangkap oleh orang-orang bersenjata Palestina dalam serangan lintas batas bulan Juni lalu.

Pertemuan itu dilakukan di tengah-tengah meningkatnya ketegangan antara kelompok-kelompok yang bersaing di Palestina, Fatah dan Hamas. Meskipun berlaku gencatan senjata untuk menghindari Perang Saudara di Palestina, orang-orang bersenjata yang bersekutu dengan kedua kelompok terus terlibat bentrokan senjata.

Hari Sabtu para pejabat rumah sakit Palestina mengatakan, orang-orang bersenjata menembak dan mengakibatkan seorang pejabat senior keamanan yang berpihak pada Presiden Mahmoud Abbas luka parah. Pihak berwajib mengatakan, para penyerang melepaskan tembakan ke arah Hassan Jarbouh hari Sabtu, di kamp pengungsi Rafah, Gaza selatan, dekat perbatasan dengan Mesir.

XS
SM
MD
LG