Tautan-tautan Akses

Menhan AS Bahas Kemungkinan Penambahan Pasukan Dalam Kunjungan ke Baghdad


Menteri pertahanan Amerika yang baru Robert Gates membahas kemungkinan penambahan pasukan Amerika di Irak dalam suatu kunjungan yang tidak diumumkan ke Baghdad. Kunjungan ini diadakan hanya dua hari setelah Gates diambil sumpahnya sebagai menteri pertahanan menggantikan Donald Rumsfeld.

Kata Gates, sebelum diambil keputusan, para pejabat Amerika harus menentukan berapa besar penambahan pasukan itu, apa tugas-tugasnya dan apakah ada dananya. Kata komandan pasukan Amerika di Timur Tengah, Jenderal John Abizaid, semua kemungkinan sedang dipertimbangkan. Ketika Robert Gates berada di Baghdad, dua orang tentara Amerika tewas kena ledakan bom di kota itu, dan dua serangan bom mobil yang terpisah menewaskan 15 orang di Baghdad.

Sebelumnya, Komandan pasukan Amerika di Timur Tengah, Jenderal John Abizaid akan mengundurkan diri permulaan tahun depan. Ini dikatakan oleh Jenderal Abizaid hari Rabu, hanya beberapa hari setelah pelantikan menteri pertahanan yang baru Robert Gates. Masa jabatan Abizaid sedianya baru akan berakhir bulan Juli. Tidak dijelaskan alasan pengunduran diri itu.

Kata Abizaid kepada komisi angkatan bersenjata senat bulan lalu, dia menolak penentuan jadwal penarikan pasukan Amerika dari Irak. Katanya, jumlah pasukan Amerika harus dipertahankan pada tingkat yang sekarang, kendati adanya peningkatan aksi kekerasan antar-golongan. Jenderal Abizaid dianggap sebagai arsitek utama strategi militer amerika di Irak dan Afghanistan. Komando yang dipimpinnya itu bertanggung-jawab atas operasi militer di 27 negara mulai dari tanduk Afrika sampai ke Asia tengah.

Sementara, menurut Presiden Bush, dia belum memutuskan apakah akan mengirim lebih banyak pasukan Amerika ke Irak. Ketika berbicara dalam wawancara pers akhir tahun di Gedung Putih, Presiden Bush mengatakan dia sedang mempelajari semua pilihan, termasuk pengiriman pasukan dalam jumlah besar tapi hanya untuk waktu singkat. Katanya, dia hanya akan memerintahkan pengiriman pasukan itu kalau ada tugas-tugas khusus yang bisa diselesaikan dengan pasti.

Pemerintah Amerika, kata Presiden Bush lagi, tidak akan menarik pasukan dari Irak secara prematur, dan dia mendesak musuh di Irak supaya menyadari bahwa pasukan Amerika tidak bisa diintimidasi. Kata Bush, dia juga telah minta menteri pertahanan yang baru Robert Gates untuk mempelajari kemungkinan penambahan jumlah angkatan darat dan pasukan marinir Amerika, dalam waktu dekat ini. Kata Presiden Bush sebelumnya, penambahan itu diperlukan karena Amerika sedang menjalankan perang jangka panjang melawan teror.

XS
SM
MD
LG