Tautan-tautan Akses

Perundingan Enam Pihak Soal Program Nuklir Korut Diperpanjang Hingga Jumat


Perundingan segi enam untuk menghentikan program nuklir Korea utara diperpanjang satu hari lagi sampai hari Jumat. Kata wakil menteri LN Amerika Christopher Hill, perundingan yang diadakan sejak hari Senin itu memberikan harapan akan dicapai suatu kemajuan.

Komentar Christopher Hill itu adalah kebalikan dari keterangannya setelah pertemuan hari Senin ketika Korea utara menyatakan diri sebagai kekuatan nuklir dan menuntut supaya semua sanksi Amerika dan PBB dicabut.

Kata Hill, perundingan dipusatkan pada sejumlah hal yang bisa dijalankan dan bukannya hanya perjanjian diatas kertas. Sambil perundingan segi enam berlangsung, juga diadakan perundingan bilateral terpisah antara pejabat departemen keuangan Amerika dengan para pejabat Korea utara.

Perundingan itu dipusatkan pada masalah sanksi ekonomi yang dikenakan Amerika atas Korea utara. kedua pihak sepakat akan melanjutkan pertemuan di New York bulan depan. Korea utara mengatakan tidak akan mengadakan kompromi tentang masalah program nuklirnya sampai semua sanksi ekonomi Amerika dicabut.

XS
SM
MD
LG