Tautan-tautan Akses

Senator John McCain Serukan Eropa Membantu Lebih Banyak di Afghanistan


Senator Amerika Serikat John McCain mengatakan, sekutu-sekutu Eropa dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO perlu berbuat lebih banyak untuk membantu mengalahkan pemberontak Taleban di Afghanistan, termasuk menerima tanggung jawab untuk tugas-tugas perang. Berbicara di Kabul hari Sabtu, Senator John McCain mengatakan, sejumlah negara termasuk Prancis dan Jerman telah menolak mengirim tentara mereka ke daerah-daerah perang, membuat sulit bagi NATO untuk bekerjasama sebagai satu tim.

Senator John McCain yang mungkin akan menjadi seorang kandidat untuk pemilihan Presiden dari Partai Republik dalam tahun 2008, mendesak negara-negara Eropa untuk menyediakan dana tambahan untuk membantu memerangi industri opium besar-besaran di Afghanistan. John Mccain mengecam keras usaha perdamaian yang kontroversial yang ditandatangani Pakistan baru-baru ini bersama para tetua suku di dekat perbatasan Afghanistan. Ia mengatakan, serangan teroris dari daerah-daerah itu telah meningkat, dan serangan itu akan semakin meningkat kalau tidak ada perubahan di sana. Kunjungan Senator Amerika John McCain ke Afghanistan berlangsung sementara seorang tentara Canada luka-luka karena ledakan ranjau darat di kota Kandahar di sebelah barat, ketika sedang melakukan patroli jalan kaki bersama pasukan keamanan Afghanistan.

Sementara itu, tujuh orang warga Afghanistan telah tiba di Kabul setelah dibebaskan dari penjara Amerika Serikat di Teluk Guantanamo, Kuba. Orang-orang tersebut hadir dalam jumpa pers di Ibukota Afghanistan hari Sabtu, bersama Ketua Komisi Rekonsiliasi negara itu, Sibgatullah Mujadeddi. Semuanya mengatakan, mereka ditahan dengan tuduhan keliru.

Empat puluh tujuh warga Afghanistan telah dibebaskan dari Teluk Guantanamo dan 462 orang lainnya dari penjara militer Amerika Serikat di Pangkalan Angkatan Udara Bagram di Afghanistan. Mujadeddi mengatakan, bahwa 70 warga Afghanistan masih ditahan di teluk Guantanamo. Ia mengatakan, Komisi Rekonsiliasi akan mengusahakan pembebasan mereka, atau paling tidak membawa mereka ke Afghanistan dimana mereka bisa menyelesaikan masa tahanan mereka.

XS
SM
MD
LG