Tautan-tautan Akses

Cili Tidak akan Menyelenggarakan Pemakaman Kenegaraan Bagi Mantan Diktator Augusto Pinochet


Pemerintah Cili mengatakan tidak akan menyelenggarakan pemakaman kenegaraan ataupun menyatakan perkabungan nasional bagi mantan diktator Augusto Pinochet yang meninggal hari Minggu pada usia 91 tahun akibat komplikasi serangan jantung. Sebagai gantinya, para pejabat mengatakan Jenderal Pinochet akan dimakamkan secara militer hari Selasa di Santiago sesuai dengan statusnya sebagai mantan panglima angkatan bersenjata.

Pangkalan-pangkalan militer Cili akan menurunkan bendera setengah tiang. Jenazah mantan dictator itu kini dibaringkan di sebuah gereja sekolah militer dalam persiapan untuk dimakamkan. Presiden kiri-tengah Cili Michele Bachelet sudah mengatakan, adalah bertentangan dengan hati nuraninya untuk menghadiri pemakaman kenegaraan Jenderal Pinochet. Ayah Nyonya Bachelet meninggal setelah disiksa di penjara di masa Jenderal Pinochet berkuasa.

Kematiannya hari Minggu mencetuskan kegembiraan di Santiago oleh ribuan penentangnya. Tetapi kekerasan berkobar sewaktu polisi merintangi rapat umum lima ribu aktivis anti-Pinochet di jalan utama kota Santiago.Polisi Cili menggunakan gas air mata dan penyemprot air untuk membubarkan mereka. Sejumlah mereka menanggapi dengan melemparkan batu dan botol. Menurut para pejabat paling kurang enam polisi luka-luka, dan beberapa perusuh ditangkap.

XS
SM
MD
LG