Tautan-tautan Akses

Clinton Kunjungi Thailand dan Aceh, Tinjau Rekonstruksi Pasca Tsunami


Sabtu ini Mantan Presiden A.S. – Bill Clinton –mengunjungi Aceh, untuk meninjau kawasan itu pasca tsunami. Sebelumnya dia di Thailand untuk menilai program rekonstruksi hampir dua tahun sesudah tsunami di Lautan Hindia melanda kawasan pantai. Bill Clinton mengunjungi desa dekat obyek pariwisata Phuket.

Clinton mulai lawatannya ke Asia di India, dimana dia menanda-tangani persetujuan yang dirundingkan oleh yayasannya untuk mengurangi biaya perawatan HIV-AIDS bagi anak-anak di negara-negara miskin. Mantan presiden AS itu di New Delhi, Kamis, mengatakan, dua perusahaaan farmasi India telah sepakat untuk menjual obat anti virus seharga hanya 16 sen sehari kepada anak-anak di puluhan negara.

Pada saat di Banda Aceh, Bill Clinton menyerukan program-program pencegahan bencana yang lebih baik, setelah melawat ke daerah-daerah yang hancur akibat badai Tsunami di Samudera Hindia pada tahun 2004. Bill Clinton menyampaikan pernyataan itu hari Sabtu setelah mengunjungi sebuah kamp pengungsi di Provinsi Aceh, wilayah di Indonesia yangt dilanda paling parah oleh badai Tsunami yang membawa maut itu.

Mantan Presiden Bill Clinton adalah utusan khusus PBB untuk bantuan bagi korban Tsunami. Stafnya mensurvei rekontruksi di Provinsi itu dan mengakui bahwa telah dicapai kemajuan penting dalam pembangunan kembali. Tetapi ribuan orang masih belum mempunyai rumah di daerah itu, dan ia meminta agar pekerjaan dilakukan lebih cepat untuk memberi tempat tinggal kepada mereka.

XS
SM
MD
LG