Tautan-tautan Akses

Condoleezza Rice Himbau Israel-Palestina Percepat Upaya Perdamaian


Menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice menghimbau Israel dan Palestina agar mempercepat upaya menuju perdamaian. Rice berbicara dalam konferensi bersama dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas setelah keduanya bertemu di kota Yerikho, Tepi Barat, hari Kamis. Rice juga mengatakan situasi kemanusiaan di wilayah Palestina harus diperbaiki.

Presiden Abbas mengatakan pembicaraan dengan partai Hamas yang memerintah tentang pembentukan pemerintah persatuan telah menemui jalan buntu, dan diragukan bahwa pemerintah persatuan akan dapat dibentuk dalam waktu dekat. Palestina berharap sebuah pemerintah persatuan akan meyakinkan para donor internasional untuk memberikan lagi sumbangannya kepada Otoritas Palestina.

Para donor menghentikan sumbangannya setelah Hamas, kelompok militan Islamis, mengambil alih kekuasaan bulan Maret lalu. Rice kemudian bertemu di Yerusalem dengan perdana menteri dan menteri luar negeri Israel, dan mengulangi pernyataan bahwa Amerika Serikat ingin melihat gencatan senjata di Gaza “diperkokoh dan diperpanjang.”

XS
SM
MD
LG