Tautan-tautan Akses

Ethiopia Lakukan Persiapan Berperang Melawan Milisi Islamis Somalia


Perdana menteri Ethiopia, Meles Zenawi mengatakan pemerintahnya telah merampungkan segala persiapan untuk kemungkinan berperang dengan milisi Islamis negara tetangganya Somalia.

Hari Kamis ia mengemukakan kepada Parlemen bahwa Ethiopia tidak dapat berdiam diri dengan ancaman dari milisi Islamis yang menguasai bagian besar Somalia dan telah memaklumkan perang suci terhadap Ethiopia. Ia mengatakan ia telah berusaha menghindari konflik dengan milisi itu lewat dialog namun tidak berhasil.

Tetapi menteri penerangan Ethiopia, Berhane Hailu hari Kamis menandaskan ucapan Meles Zenawi itu bukanlah deklarasi perang. Menurutnya ucapan perdana menteri itu telah disalah-tafsirkan oleh milisi Islamis Somalia. Berhane menekankan Ethiopia berusaha menyelesaikan keadaan secara damai, namun Parlemen harus membiarkan pemerintah ‘menggunakan wewenang hukumnya untuk mempertahankan negara.’

Meles Zenawi mengirim penasehat militer untuk membantu pemerintah transisi Somalia yang lemah, tetapi membantah laporan ribuan pasukan Ethiopia sudah berada di Somalia.

XS
SM
MD
LG