Tautan-tautan Akses

Beirut Minta Bantuan PBB Selidiki Kasus Pembunuhan Pierre Gemayel


Pemerintah Libanon minta bantuan PBB untuk menyelidiki kasus pembunuhan Pierre Gemayel, menteri kabinet yang dikenal sebagai penentang pengaruh Syria di Libanon. Sekretaris-jenderal PBB Kofi Annan mengatakan dia telah menyampaikan permintaan Libanon itu kepada dewan keamanan untuk diproses selanjutnya.

Kata Annan, para pejabat di Beirut minta bantuan dari tim PBB yang sama yang menyatakan keterlibatan pejabat Syria dalam pembunuhan perdana menteri Rafik Hariri tahun lalu. Presiden Bush segera menjanjikan bantuan Amerika kepada Libanon untuk melawan apa yang disebut oleh pejabat amerika sebagai campur tangan Iran dan Syria di Libanon.

Janji itu diberikan oleh presiden Bush dalam percakapan telepon dengan perdana menteri Libanon Fuad Siniora. Kata Siniora, Libanon tidak akan terintimidasi dengan pembunuhan tokoh anti-Syria itu.

Pierre Gemayel adalah menteri industri yang ditembak mati oleh orang bersenjata di pinggiran kota Beirut. Dia adalah putra bekas Presiden Amin Gemayel. Pemerintah Libanon mengumumkan masa berkabung tiga hari dan membatalkan perayaan hari kemerdekaan yang sedianya akan diadakan hari ini.

XS
SM
MD
LG