Tautan-tautan Akses

Bush dan Hu Jintao Peringatkan Korea Utara Mengenai Senjata Nuklir


Presiden Amerika George Bush dan Presiden Cina Hu Jintao mengatakan dunia tidak akan dapat menerima Korea Utara yang memiliki senjata nuklir. Seorang jurubicara departemen luar negri Cina mengatakan Korea Utara hendaknya “dapat menerima pesan” bahwa memiliki senjata nuklir akan mendapat tentangan.

Pernyataan itu dikeluarkan dalam pertemuan di luar KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik, APEC, yang baru saja selesai di Hanoi, Vietnam. Setelah pertemuan hari Ahad dengan Presiden Hu, Presiden Bush mengatakan kerjasama Amerika dengan Cina dapat membantu menyelesaikan sengketa nuklir yang melibatkan Korea Utara dan Iran.

Presiden Amerika itu telah berusaha meyakinkan negara-negara tetangga Korea Utara agar mengambil tindakan yang keras terhadap Pyongyang setelah negara itu melakukan uji-coba bom nuklir bulan lalu.

Presiden Bush melakukan perjalanan ke Kota Ho Chi minh, yang sebelumnya dikenal dengan nama Saigon, Ahad malam dalam kelanjutan perjalanannya di Asia. Ia akan meneruskan perjalanan ke Indonesia Senin ini sebelum kembali ke Washington hari berikutnya.

XS
SM
MD
LG