Tautan-tautan Akses

Bom Tewaskan 50 Orang di Irak, Wakil Mentri Irak Diculik


Pejabat-pejabat keamanan Irak mengatakan pemberontak menewaskan sekurang-kurangnya 50 orang di berbagai bagian kota itu hari Ahad, dan menculik wakil mentri kesehatan negara itu. Pejabat-pejabat mengatakan orang-orang bersenjata menculik Ammar al-Saffar, dari rumahnya di Baghdad.

Beberapa jam sebelumnya, seorang pembom bunuh diri menewaskan 22 orang di kota Hillah yang berpenduduk mayoritas Shiah. Pengebom itu menyamar sebagai seorang kontraktor dan meledakkan bomnya ketika khalayak yang terdiri dari buruh-buruh harian yang mencari pekerjaan merubung kendaraannya.

Seorang pejabat kepolisian dan televisi Irak mengatakan dua orang Mesir dan seorang Irak telah ditahan dalam kaitan dengan pengeboman itu dan bahwa pengebom itu seorang Suriah.

Kekerasan itu terjadi sementara Mentri LN Suriah Walid al Moualem berada di Baghdad, yang merupakan kunjungan pejabat tertinggi Suriah pertama sejak digulingkannya Saddam Hussein pada tahun 2003.

Moualem mengatakan Suriah mengutuk terorisme dan mendukung pemerintah terpilih Irak. Ia juga menyerukan ditetapkannya jadwal bagi penarikan pasukan asing dari Irak, yang menurutnya, hal itu akan menstabilkan negara tersebut.

XS
SM
MD
LG