Tautan-tautan Akses

Bush Nyatakan Bertanggung Jawab Atas Kekalahan Besar Partai Republik


Presiden Bush mengatakan dia bertanggung-jawab atas kekalahan besar partainya dalam pemilihan anggota DPR kemarin, dan mengakui hal itu mencerminkan kemarahan publik atas tiadanya kemajuan dalam perang di Irak. Ini dikatakan Bush dalam wawancara pers yang disiarkan ke seluruh negara. Tapi kata Presiden Bush, hasil pemilihan di Amerika itu tidak akan mengubah strateginya secara keseluruhan, dan dia tidak akan memerintahkan penarikan pasukan Amerika sampai tugas mereka selesai.

Kata Presiden Bush dia akan berusaha mencari titik-titik persamaan dengan Nancy Pelosi, calon ketua DPR yang baru dari partai Demokrat. Ini dikatakan oleh Presiden Bush setelah partai Demokrat dinyatakan menang dalam pemilihan anggota DPR, dan menggeser partai Republik sebagai kelompok mayoritas. Tokoh partai Demokrat Pelosi adalah pengecam keras kebijaksanaan Presiden Bush dalam perang di Irak. Kata Presiden, para pemilih Amerika mengharapkan kedua partai itu akan bisa bekerja sama, antara lain dalam usaha untuk menaikkan upah minimum dan meningkatkan pendidikan anak-anak.

Partai Demokrat yang beroposisi telah merebut kembali mayoritas dalam DPR Amerika, setelah 12 tahun menjadi kelompok minoritas. Partai Demokrat mendapat tambahan sedikitnya 27 kursi DPR, 12 kursi lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk menjadi kelompok mayoritas. Kemenangan partai Demokrat itu berarti Nancy Pelosi dari negara bagian California akan menjadi ketua DPR yang baru. Dia akan menjadi perempuan pertama dalam sejarah Amerika yang akan memegang jabatan itu.

Ketika berbicara dengan wartawan hari Rabu, Pelosi mengatakan, para pemilih jelas menginginkan diambilnya kebijaksanaan baru dalam perang di Irak. Dia berharap partainya akan bisa bekerja sama dengan Presiden Bush untuk mencari strategi baru dalam perang itu. Ketua kampanye partai Republik tom Reynolds mengatakan sebagian anggota partai agaknya tidak siap menghadapi kemarahan publik Amerika sehingga kalah dalam pemilihan.

Partai Republik kehilangan kursi dalam banyak pertarungan penting, mulai dari negara bagian Indiana dan Ohio di kawasan barat tengah, sampai ke negara bagian Florida di bagian selatan, dan negara bagian New Hampshire serta Pennsylvania di bagian Timur. Pol-pol pendapat umum sebelum pemilihan kemarin menunjukkan banyak pemilih tidak senang dengan perang di Irak, perekonomian Amerika yang kurang maju, masalah immigran gelap dan berbagai skandal yang melibatkan beberapa anggota DPR dari partai Republik.

XS
SM
MD
LG