Tautan-tautan Akses

Mahmoud Abbas dan Kelompok Militan Hamas Gagal Mencapai Persetujuan


Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan kelompok militant Hamas yang berkuasa telah gagal mencapai persetujuan mengenai pemerintah persatuan. Kedua pihak akan mengadakan pertemuan lagi.

Menurut sumber Palestina, dalam pembicaraan hari Senin, Abbas dan Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyeh dari Hamas tidak sependapat mengenai siapa yang akan menjadi Perdana Menteri dalam pemerintahan persatuan. Kedua partai berharap pemerintah baru akan meyakinkan negara-negara Barat untuk melanjutkan bantuan bagi Penguasa Palestina, yang dihentikan setelah Hamas memenangkan pemilu bulan Januari.

Di Washington, seorang jurubicara departemen luar negeri Amerika mengatakan pemerintah persatuan Palestina harus mengakui Israel dan mengharamkan kekerasan untuk dapat memperoleh bantuan Amerika. Sementara itu, pasukan Israel menewaskan paling sedikit 5 orang Palestina hari Senin dalam insiden terpisah di Gaza.

Sementara itu, para saksi Palestina mengatakan Israel telah mulai menarik pasukan darat dari Gaza Utara. Lebih dari 50 orang Palestina telah tewas sejak pasukan Israel memulai serangan di Gaza Utara pekan lalu dalam usaha menghentikan serangan roket terhadap Israel.

XS
SM
MD
LG