Tautan-tautan Akses

Lavrov: Moskow Hanya Akan Dukung Sanksi Bagi Iran Jika DK PBB Penuhi Persyaratan


Menteri Luar Negri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, Moskow akan mendukung resolusi Dewan keamanan PBB untuk mengenakan sanksi kepada Iran hanya kalau Dewan Keamanan memenuhi sejumlah persyaratan.

Menteri Sergei Lavrov mengatakan hari Sabtu bahwa resolusi Dewan Keamanan harus mencakup batas waktu dan langkah khusus untuk mengakhiri sanksi itu. Ia membantah bahwa Rusia menghalangi resolusi tersebut.

Lima anggota tetap Dewan Keamanan, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Cina dan Rusia, sedang mempertimbangkan sebuah rancangan resolusi sehubungan dengan program nuklir Iran. Rancangan resolusi tersebut menghendaki sejumlah sanksi perdagngan yang berkaitan dengan nuklir dan misil balistik, pembekuan aset, yang terkait dengan program nuklir Iran dan larangan mengadakan perjalanan bagi para ilmuwan yang terlibat dalam program nuklir Republik Islam itu.

Tetapi, Rusia dan Cina enggan mendukung sanksi yang berat. Hari Jum’at, Rusia mengatakan, rancangan resolusi yang diajukan oleh Prancis, Jerman, dan Inggris itu memerlukan perubahan besar.

XS
SM
MD
LG