Tautan-tautan Akses

PM Serbia: Usaha Penentuan Status Propinsi Kosovo di Serbia Akan Gagal


Tiap usaha untuk menentukan status propinsi Kosovo di Serbia akan gagal kalau tidak sesuai dengan piagam PBB tentang integritas teritorial sebuah negara. Ini dikatakan oleh perdana menteri Serbia Vojislav Kostunica kepada kantor berita Tanjug. Perunding PBB soal Kosovo, Marti Ahtisari akan mengajukan rancangan tentang status Kosovo dimasa depan kepada dewan keamanan akhir tahun ini. PBB diperkirakan akan memberikan sejumlah kekuasaan kepada Kosovo yang biasanya hanya diberikan kepada negara yang berdaulat penuh.

Kemarin dilaporkan, seorang diplomat senior Amerika mengatakan pihak-pihak di Kosovo hendaknya memutuskan nasib provinsi Serbia yang memisahkan diri itu selambat-lambatnya akhir tahun ini. Utusan Amerika untuk Kosovo Frank Wisner mengatakan penundaan tidak akan menguntungkan siapa pun. Ia berbicara di Beograd setelah bertemu dengan pejabat-pejabat tinggi Serbia, termasuk Presiden Boris Tadic, PM Vojislav Kostunica dan Mentri LN Vuk Draskovic.

Utusan itu mengatakan kepada para wartawan setelah pertemuan itu bahwa penundaan hanya akan membuat pemecahan masalah itu terkatung-katung. Ia menekankan bahwa kawasan itu perlu menutup pintu masa lalu. Penduduk mayoritas Kosovo, etnik Albania menginginkan kemerdekaan penuh dari Serbia, dimana para pemilih hari Minggu menyetujui sebuah konstitusi baru yang menegaskan lagi klain negara itu atas provinsi selatan tersebut. Pejabat-pejabat Serbia mengatakan perundingan harus diteruskan sampai kedua belah pihak menemukan pemecahan yang diterima kedua belah pihak.

XS
SM
MD
LG