Tautan-tautan Akses

Bentrokan Tewaskan Enam Orang,  Peralihan Kekuasaan di Bangladesh Ditunda


Peralihan kekuasaan di Bangladesh telah ditunda sementara bentrokan antara aktivis politik yang bersaing menewaskan sedikitnya 6 orang dan mencederai 100 lainnya. Mantan ketua Mahkamah Agung K.M. Hasan seharusnya hari ini sudah diambil sumpahnya sebagai penjabat sementara pemimpin negara itu, untuk mempersiapkan pemilihan Januari mendatang.

Tetapi juru bicara kepresidenan mengatakan Hasan terlalu sakit untuk tampil dalam upacara pengambilan sumpah tersebut. Jadwal baru belum ditetapkan untuk upacara itu.

Kelompok oposisi utama, Liga Awami, telah mengancam akan melumpuhkan negara itu hari ini dengan melakukan pemogokan jasa angkutan jika Perdana Menteri Khaleda Zia mengangkat mantan ketua Mahkamah Agung itu sebagai perdana menteri sementara.

Pihak oposisi mengatakan Hasan bertindak berat sebelah dan memihak pemerintah. 5 orang tewas dalam tindak kekerasan Jumat malam sesudah Zia mengucapkan pidato perpisahan lewat televisi, dengan menyerukan perdamaian. Seorang lagi tewas Sabtu ini dan ratusan luka, ketika ratusan aktivis dari kelompok oposisi bentrok lagi dengan polisi anti-huru-hara hari ini di jalan-jalan kota Dhaka.

XS
SM
MD
LG