Tautan-tautan Akses

AS dan Cina Ambil Sikap Diplomatik Serupa Dalam Hal Sanksi Bagi Korea Utara


Amerika Serikat dan Cina mengambil sikap diplomatik serupa sebagai bagian dari kampanye komunitas internasional untuk membujuk Korea Utara agar meninggalkan senjata nuklirnya. Kedua negara mengatakan ingin menyelesaikan kebuntuan itu secara damai. Tetapi mereka juga menyatakan mendukung sanksi Dewan Keamanan PBB yang diberlakukan terhadap Korea Utara menyusul percobaan senjata nuklir oleh negara itu tanggal 9 Oktober.

Amerika dan Cina mengutarakan hal itu seusai pembicaraan di Bejing hari ini antara Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice dan Menteri Luar Negeri Li Zhaoxing. Mereka menyatakan menginginkan pembicaraan enam-pihak dengan Pyongyang dibuka kembali. Rice juga bertemu dengan Presiden Cina Hu Jintao yang mengatakan Cina menginginkan penyelesaian damai krisis itu. Dia menyerukan kehati-hatian untuk mencegah situasi memburuk.

Rice mengatakan Cina telah berjanji memberlakukan sepenuhnya resolusi PBB untuk mencegah Korea Utara untuk mengekspor bahan senjata terlarang. Katanya, Cina memberi jaminan padanya bahwa negara itu akan melakukan inspeksi penuh dan seksama di perbatasan Cina dengan Korea Utara.

XS
SM
MD
LG