Tautan-tautan Akses

Rice akan Mencari Cara untuk Melaksanakan Sanksi PBB Terhadap Korea Utara


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice akan mencari cara untuk melaksanakan sanksi PBB terhadap Korea Utara dalam pembicaraan hari ini dengan beberapa negara utama Asia.

Rice akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Aso, di Tokyo hari ini. Dia juga akan pergi ke Korea Selatan dan Cina untuk melakukan pertemuan serupa mengenai cara menanggapi percobaan nuklir bawah tanah Korea Utara pekan lalu. Dutabesar Amerika untuk Korea Selatan, Alexander Vershbow, mengatakan Rice akan meminta Seoul untuk memegang peran yang yang lebih luas dalam penegakan sanksi PBB terhadap Korea Utara, dengan menyertai inspeksi kapal barang di laut yang menuju Korea Utara.

Rice juga akan meminta Korea Selatan untuk turut dalam Prakarsa Pengamanan Penyebaran Nuklir yang dipimpin Amerika, program yang dimaksudkan untuk menghentikan penyebaran senjata penghancur massal. Negara-negara peserta melakukan latihan penghentian dan penggledahan maritime yang memungkinkan mereka mencegat kapal-kapal yang memuat senjata nuklir, biologi, atau kimia. Korea Selatan prihatin bahwa keanggotaannya dapat mengakibatkan benturan dengan Korea Utara.

XS
SM
MD
LG