Tautan-tautan Akses

Bolton: Iran Hendaknya Mengambil Pelajaran dari Sanksi PBB Bagi Korea Utara


Duta besar Amerika untuk PBB John Bolton meminta Iran mengambil pelajaran dari tanggapan PBB terhadap klaim Korea Utara bahwa negara itu telah melakukan percobaan nuklir. Ia mengatakan harapannya Iran menyadari akan menghadapi bentuk pengucilan yang dikenakan terhadap Korea Utara jika tetap menghendaki senjata nuklir.

Sementara, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan negaranya akan terus dengan program nuklirnya yang kontroversial sekalipun ada ancaman dan tekanan dari negara-negara besar.

Kantor berita Iran hari Minggu mengutip Ahmadinejad selaku mengatakan bahwa ancaman dan tekanan itu tidak akan mempengaruhi keinginan Iran. Ia menegaskan bahwa tuntutan agar Iran menghentikan proses memperkaya uranium adalah bertentangan dengan hukum.

Para pemimpin Uni Eropa akan bersidang hari Selasa membahas sanksi PBB terhadap Iran. Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Javier Solana tidak berhasil membujuk Iran untuk menghentikan proses tadi dalam beberapa pembicaraannya dengan perunding utama Iran dalam isu nuklir Ali Larijani.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan ke-5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB tambah Jerman sudah mencapai kesepakatan luas tentang sanksi terhadap Iran.

XS
SM
MD
LG