Tautan-tautan Akses

Cina Dukung ‘Tindakan Hukuman' Atas Uji Coba Nuklir Korea Utara


Cina mengatakan pihaknya sependapat bahwa Korea Utara seharusnya duhukum atas uji coba bom nuklir yang tampaknya dilakukan negara itu. Dutabesar Cina untuk PBB, Wang Guangya mengatakan Beijing akan menyetujui tuntutan Amerika dan Jepang bagi langkah-langkah menghukum, tetapi juga memperingatkan setiap hukuman sebaiknya “layak.”

Para anggota Dewan Keamanan PBB kini membahas serangkaian proposal termasuk embargo senjata menyeluruh, larangan atas barang-barang luks, inspeksi internasional pada kapal-kapal barang Korea Utara, dan kemungkinan sanksi keuangan. Dutabesar Amerika untuk PBB John Bolton mengatakan sudah ada kesepakatan luas mengenai perlunya tanggapan segera.

Sementara itu, para ilmuwan belum dapat mengkonfirmasi pernyataan Korea Utara bahwa pihak telah meledakkan bom nuklir hari Senin. Jepang mengatakan pihaknya kini mengetes sampel udara di luar Korea Utara untuk memastikan ada tidaknya bercak-bercak radio-aktif . Gedung Putih mengatakan pihaknya mungkin tidak akan pernah tahu persis apa yang terjadi.

XS
SM
MD
LG