Tautan-tautan Akses

Castro Dilaporkan Menderita Kanker dan Tak Akan Kembali Memimpin Kuba


Majalah TIME edisi on-line memberitakan Presiden Kuba Fidel Castro diduga menderita kanker terminal dan tidak akan kembali memegang kekuasaan. Majalah ini mengatakan sumber beritanya adalah pejabat-pejabat pemerintah Amerika yang tidak disebutnya namanya yang menganalisis kesehatan pemimpin Kuba itu.

Setelah menjalani bedah usus bulan Juli lalu Fidel Castro untuk sementara menyerahkan kekuasaan kepada saudara lelakinya Raul Castro. Berita TIME itu menyatakan, laporan intelijen tentang kesehatan Fidel Castro bisa salah dan bukti yang pasti hampir tidak mungkin bisa diperoleh.

Namun TIME mengutip seorang pejabat mengatakan bahwa menghilangnya Castro dari mata publik dapat menunjukkan bahwa ia dan pemerintahnya mengetahui kondisi terminal tadi dan ingin mengukur bagaimana reaksi publik atas ketidak-hadirannya di muka umum.

TIME mengatakan pemerintah Kuba membantah berita tersebut. Berita itu dimuat beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Kuba Felipe Perez Roque mengatakan Presiden Castro terus sembuh dan dalam waktu tidak lama akan kembali memimpin revolusi.

XS
SM
MD
LG