Tautan-tautan Akses

Menlu Anggota Tetap DK PBB dan Jerman Akan Bahas Nuklir Iran di London


Inggris mengumumkan para menteri luar negeri kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB tambah Jerman bertemu di London hari Jum’at ini membicarakan langkah berikutnya mengenai program nuklir Iran.

Pertemuan itu pernah diumumkan namun waktu itu pertemuan diperkirakan hanya antara diplomat tingkat bawah. Di Baghdad juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika menjelaskan Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice yang sedang berada di Irak akan hadir dalam pertemuan London itu.

Hari Kamis Duta Besar Inggris untuk PBB Emyr Jones Parry mengatakan Dewan Keamanan akan bertemu pekan depan membicarakan kemungkinan mengenakan sanksi terhadap Iran. Ia memperkirakan Dewan akan membahas langkah-langkah yang ada di bawah Artikel 41 Piagam PBB yang mewenangkan Dewan memberlakukan sanksi non militer.

Iran tidak mematuhi batas waktu 31 Agustus yang ditetapkan Dewan untuk menghentikan proses memperkaya uranium. Amerika dan Inggris mengatakan mendukung sanksi sedang menteri luar negeri Rusia mengatakan negaranya tetap menentang sanksi.

XS
SM
MD
LG