Tautan-tautan Akses

AS, Inggris Peringatkan Akan Berlakukan Sanksi Terhadap Iran


Para pejabat dari Amerika dan Inggris memperingatakan bahwa Iran mungkin akan segera mengahadapi sanksi jika negara itu terus memperkaya uranium. Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice memberitahu para wartawan di Kairo hari Selasa bahwa waktu sudah hampir habis dan dia memperingatkan jika Iran terus memperkaya uranium, langkah berikutnya adalah sanksi.

Sementara itu, Teheran mengusulkan agar Prancis membentuk konsorsium untuk memperkaya uranium di Iran. Wakil Direktur Badan Energi Atom Iran, Mohammad Saeedi, mengemukakan proposal tersebut dalam wawancara di Teheran dengan radio Prancis, yang disiarkan hari Selasa. Saeedi mengatakan paberik nuklir Prancis bisa menjadi mitra dalam konsorsium ini.

Namun, pejabat-pejabat Prancis menjauhkan diri dari proposal tersebut, dengan mengulangi tuntutan internasional agar Iran menangguhkan aktivitas pengayaan uraniumnya. Seorang pejabat senior Inggris memperingatkan bahwa persiapan sudah dimulai untuk memberlakukan sanksi terhadap Iran karena tidak mematuhi batas-waktu tanggal 31 Agustus yang ditetapkan PBB untuk menangguhkan pengayaan uraniumnya. Pejabat senior itu yang tidak ingin disebut namanya, memberitahu pihak media hari ini bahwa persiapan sudah dimulai untuk merancang resolusi PBB yang akan memberlakukan sanksi terhadap Iran.

XS
SM
MD
LG