Tautan-tautan Akses

UE Desak Presiden Sudan Bekerjasama Dengan PBB Cari Solusi Damai di Darfur


Ketua Komisi Eropa, Jose Manuel Barroso mendesak Presiden Sudan Omar al-Bashir bekerja dengan PBB mencari penyelesaian damai bagi kekerasan yang sudah bertahun-tahun di daerah Darfur yang dirobek perang. Ia memberi keterangan ini dalam penerbangan dari ibukota Sudan Khartoum ke ibukota Darfur utara El-Fasher hari Minggu.

Barroso datang ke Sudan setelah Sudan tidak mengizinkan pasukan PBB pemelihara perdamaian mengambil alih pengamanan di Darfur. Barroso menemui Presiden Omar al-Bashir di Khartoum hari Sabtu meminta al-Bashir melakukan pembicaraan politik guna menciptakan perdamaian yang abadi di Darfur. Barroso mengambil jalan yang lebih lunak mengenai situasi di Darfur daripada Amerika.

Pekan lalu menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice memberitahu Khartoum untuk memilih antara ‘kerjasama atau konfrontasi.’ Sudan berulangkali menolak permintaan agar mengizinkan pasukan PBB pemelihara perdamaian ditugaskan di Darfur, tetapi telah mengatakan pasukan Uni Afrika boleh meneruskan tugas mereka di sana. Pasukan itu, yang berkekuatan tujuh ribu orang dan kekurangan dana, tidak berhasil menghentikan kekerasan yang merajalela di seluruh Darfur.

XS
SM
MD
LG