Tautan-tautan Akses

Rusia Telah Menarik Pulang Hampir Semua Staf Kedubesnya di Georgia


Rusia telah menarik semua kecuali dua staf dan beberapa pengawal dari Kedutaannya di Georgia sebagai lanjutan meningkatnya ketegangan antara kedua negara gara-gara tuduhan spionase terhadap Moskow.

Penarikan hari Sabtu itu terjadi beberapa jam setelah Moskow mengumumkan menunda sementara rencana hendak menarik pasukannya dari era Soviet dari dua pangkalan di Georgia. Sebelumnya Rusia telah memanggil pulang duta besarnya dari Tblisi sebagai protes.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan penundaan itu dilakukan karena keselamatan pasukan itu tidak dapat dijamin apabila mereka melintasi perbatasan Georgia. Moskow sebenarnya sudah setuju menarik pasukannya dari kedua pangkalan tadi pada tahun 2008. Krisis hubungan Rusia-Georgia itu bermula hari Rabu tatkala Georgia menangkap lima anggota militer Rusia atas tuduhan mata-mata.

Seorang di antaranya kemudian dibebaskan tetapi yang empat lagi masih ditahan dan akan diadili. Georgia mengatakan hari Jum’at bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan akan mendeportasi anggota militer Rusia itu. Rusia menyangkal anggota militernya itu mata-mata dan menuntut supaya mereka dibebaskan.

XS
SM
MD
LG