Tautan-tautan Akses

Jenderal Casey Tepiskan Laporan Bahwa Pejabat Militer AS Mengecam Pemerintah Irak


Komandan tertinggi pasukan Amerika di Irak, jenderal George Casey menepiskan laporan pers yang mengatakan sejumlah pejabat senior militer telah mengecam pemerintah Irak. Kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika itu, semua pejabat koalisi mendukung pemerintahan perdana menteri nuri al-maliki.

Laporan pers belakangan ini mengutip para pejabat koalisi yang menyatakan prihatin atas banyaknya korupsi dalam pemerintahan Irak dan apa yang disebutnya dukungan pemerintah bagi regu-regu pembunuh kelompok islam syiah.

Sementara itu di Baghdad, saudara ipar laki-laki hakim ketua dalam sidang Saddam Hussein ditembak mati oleh orang-orang bersenjata hari Jumat. Kata polisi, orang-orang bersenjata itu menembaki mobil yang membawa Kadim Abdul Hussein dan keluarganya di kota Baghdad. Putra Kadim luka parah.

Tidak jelas apakah pembunuhan itu ada hubungannya hakim ketua Mohammed Oreibi al-Khalifa, yang baru saja menggantikan hakim Abdullah al-Amiri. Hakim Abdullah menimbulkan kehebohan bulan ini ketika dia mengatakan bahwa Saddam Hussein bukan seorang diktator.

XS
SM
MD
LG