Tautan-tautan Akses

Percobaan Pembunuhan Atas Presiden Somalia Tewaskan Sedikitnya 11 Orang


Para pejabat di Somalia mengatakan sedikitnya 11 orang tewas dalam suatu percobaan pembunuhan terhadap presiden interim Somalia Abdullah Yusuf hari ini. Jurubicara pemerintah mengatakan, Presiden Yusuf tidak mengalami cedera apapun setelah sebuah bom mobil meledak saat iring-iringan mobilnya melintasi gedung parlemen di Baidoa.

Para pejabat mengatakan ledakan itu menewaskan lima orang di dalam iring-iringan mobil, termasuk saudara laki-laki presiden. Mereka mengatakan pasukan pengawal presiden kemudian menembak mati enam tersangka penyerang dalam sebuah tembak menembak. Belum ada satupun pihak yang mengaku bertanggungjawab atas ledakan itu.

Menteri luar negeri Islam Mohammad Hurre mengatakan kepada wartawan di Nairobi, dua tersangka penyerang telah ditahan. Presiden datang ke parlemen untuk meminta dukungan atas kabinetnya yang baru. Para pejabat mengatakan para anggota parlemen tetap melanjutkan sidang mereka setelah ledakan itu dan menyetujui nominasi anggota cabinet Presiden Yusuf.

Baidoa adalah tempat kedudukan pemerintahan interim Somalia yang lemah, yang berusaha mempertahankan wewenangnya setelah kelompok Islam memperluas control mereka atas wilayah Somalia selatan.

XS
SM
MD
LG