Tautan-tautan Akses

KTT GNB di Havana Akan Serukan Reformasi Terhadap Dewan Keamanan PBB


KTT tahunan Gerakan Non Blok akan berakhir hari ini di Havana, Kuba, dengan ke-118 negara anggota diperkirakan akan menyerukan dilakukan reformasi terhadap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa. Para pemimpin Kuba, Venezuela dan Iran menyampaikan pidato Jumat kemarin mengritik Amerika Serikat atas pengaruhnya terhadap Dewan Keamanan PBB, dan atas kebijakan luar negerinya.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengucapkan pidato di hadapan para pemimpin di KTT itu, dengan mengatakan Dewan Keamanan harus lebih responsif terhadap negara-negara yang lebih lemah. Dia mengatakan kekuasaan terbatas ke-5 negara anggota tetap di Dewan Keamanan dapat menyebabkan erosi pada wibawa dan legitimasi Perserikatan Bangsa Bangsa. Annan juga menyinggung tentang perubahan positif di negara negara berkembang dalam tahun-tahun terakhir ini, namun dia mengatakan makin besarnya pengaruh Gerakan Non Blok berarti para pemimpin gerakan itu harus mau memikul tanggung jawab yang lebih besar secara internasional, dan melindungi warga mereka di negara masing-masing.

Sementara itu, Presiden Pakistan Pervez Musharraf mengungkapkan harapan di hadapan para pemimpin pada KTT Gerakan Non Blok bahwa pembicaraannya dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh akan dapat meredakan ketegangan mengenai isu perbatasan Kashmir. Jenderal Musharraf dan Perdana Menteri Manmohan Singh diperkirakan akan bertemu hari ini di sela-sela KTT di Havana, Kuba.

Tidak seperti presiden Pakistan, Singh tidak berbicara secara langsung mengenai isu Kashmir dalam pidatonya di KTT tersebut Jumat kemarin. Namun, dia mendesak para pemimpin Gerakan Non Blok agar memperbaharui usaha kelompok mereka memerangi terorisme. India dan Pakistan keduanya mengakui memiliki kedaulatan atas Kashmir. Kedua negara menyepakati gencatan senjata pada tahun 2003. Pemberontakan selama 17 tahun di Kashmir telah menewaskan lebih dari 45 ribu orang. Sejumlah kelompok pemberontak memperjuangkan kemerdekaan dari India atau berusaha untuk bergabung dengan Pakistan yang penduduknya mayoritas beragama Islam.

XS
SM
MD
LG