Tautan-tautan Akses

Bush Desak Kongres AS Setujui RUU Teknik Interogasi Bagi Tersangka Teroris


Presiden Bush telah mendesak Kongres agar menyetujui versi undang-undang yang diusulkannya untuk membolehkan penggunaan taktik interogasi keras terhadap para tersangka teroris. Kata Bush, para agen inteligen Amerika akan menolak untuk melanjutkan interogasi kalau undang-undang itu tidak cepat disetujui, untuk melindungi mereka dari kemungkinan dituntut.

Usulan undang-undang kontroversial Bush tersebut juga akan menciptakan pengadilan militer untuk mengadili para tersangka teror dan membolehkan bukti rahasia tidak terakses terdakwa.

Beberapa senator dari Partai Republik mengatakan, rencana Bush tadi tidak memenuhi standar konstitusi dan dapat membahayakan tentara Amerika di luar negeri kalau negara-negara lain menghendaki untuk menafsirkan Konvensi Genewa.

Kata Gedung Putih, Bush tidak berusaha untuk mengubah Konvensi Jenewa, tetapi menjelaskannya. Kamis baru lalu, Panel Senat menolak rencana Bush itu dan menyetujui rancangan Undang-undang yang akan memberikan hak hukum yang lebih besar daripada yang diinginkan Bush.

XS
SM
MD
LG