Tautan-tautan Akses

AS Tanggapi Hati-Hati Tawaran Iran Untuk Membantu Perangi Pemberontak di Irak


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan ia telah menawarkan bantuan kepada Irak untuk memerangi para pemberontak. Dalam jumpa pers di Tehran bersama-sama dengan Perdana menteri Irak Nouri al Maliki yang tengah berkunjung ke Iran, Ahmadinejad mengatakan keamanan yang membaik di Irak akan meningkatkan stabilitas di seluruh kawasan ini. Maliki telah bertemu dengan Presiden Iran hari ini pada hari pertama kunjungan dua harinya.

Di Baghdad hari ini, polisi Irak mengatakan sebuah bom mobil meledak menewaskan paling sedikit enam orang di sebuah kawasan elit di kota itu. Selain itu, orang-orang bersenjata menembak empat warga Kurdi di Mosul, Irak utara. Sebuah pengadilan di Baghdad mendengarkan kesaksian para warga Kurdi dalam pengadilan mantan pemimpin Irak Saddam Hussein dan enam terdakwa lainnya, yang dituduh membunuh puluhan ribu warga Kurdi di tahun 1980-an.

Sementara itu, Amerika berhati-hati menanggapi tawaran Iran kepada Irak untuk membantu memerangi pemberontak di Irak. Jurubicara Gedung Putih Tony Snow mengatakan para pejabat harus memastikan apa arti tawaran yang diberikan oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Snow mengatakan, yang paling penting yang bisa dilakukan Iran adalah tidak mendanai kelompok teroris dan separatis yang mencoba menggagalkan demokrasi di Irak. Ahmadinejad mengajukan tawaran itu dalam jumpa pers di Tehran bersama-sama dengan Perdana menteri Irak Nouri al Maliki.

Juni lalu, komandan tertinggi tentara Amerika di Irak Jendral George Casey menuduh Iran menyuplai teknologi senjata dan memberikan pelatihan kepada kelompok ekstrimis shiah di Irak.

XS
SM
MD
LG